Bentuk Kecintaan & Produk Kerajinan

Cintai Produk Kerajinan Cianjur

Kabupaten Cianjur punya segudang potensi. Lokasinya yang memanjang dari barat hingga ke selatan provinsi Jawa Barat memberikan keunggulan bagi kabupaten yang sudah berdiri sejak lebih dari tiga abad silam ini.

Dengan luas wilayah lebih dari 350 ribu hektar, Cianjur memiliki ragam potensi geografis. Di utara, pengunungan asri nan hijau menjadi pemandangan yang memanjakan mata. Sementara, pesona pantai yang memukau bisa disaksikan di bagian selatan kabupaten ini.

Bukan hanya itu, sungai Cibuni yang mengalir membelah Cianjur seakan menjadi pembuluh nadi kehidupan.

Selain memanjakan mata, Cianjur  juga mampu memanjakan lidah. Makanan khas Cianjur seperti tauco dan beras pandan wangi, menjadi urutan teratas dalam daftar kuliner yang wajib dicoba.

Namun, Cianjur nyatanya lebih dari itu. Selain pemandangan dan kuliner  yang khas, Cianjur masih memiliki berjuta potensi. Potensi lain dari Cianjur yang patut menjadi perhatian adalah soal produk kerajinan Cianjur.

Cianjur juga terbukti memiliki produk kerajinan yang wajib masuk kedalam daftar oleh-oleh. Apalagi, produk kerajinan Cianjur sangat khas, unik dan beragam. Dari berbagai potensi produk kerajinan Cianjur, setidaknya ada beberapa yang wajib dibeli diantaranya,

.

.

humas bambu
Kerajinan Bambu – Humas.cianjur.go.id

 

Kerajinan Bambu

Produk kerajinan Cianjur yang wajib dibeli salah satunya adalah kerajinan bambu. Tidak hanya untuk kegunaan sehari-hari, produk kerajinan bambu Cianjur juga sangat  bernilai seni tinggi.  Kecamatan Cibeber pun menjadi salah satu sentra produksi berbagai jenis kerajinan dari bambu. Kini, kerajinan bambu Cianjur tidak hanya seputar benda sehari-hari seperti  keranjang dan  tudung saji. Namun banyak pula yang kemudian memodifikasi dan menjadikan bambu ini lebih inovatif.  Contohnya, lukisan bambu di Kampung Susukan Kecamatan Campaka.

Peci Cianjur

Cianjur  sangat lekat dengan nuansa keislaman, terlebih peran  ulama dan santri tempo dulu sangat penting dalam perkembangan Ciajur. Banyaknya tokoh ulama, kiayi dan santri pun membuat Cianjur dijuluki Kota Santri. Faktor ini pun menjadi alasan kenapa Cianjur banyak memproduksi peci, yang kemudian dikenal sebagai Sentra peci. Peci yang menjadi kerajinan ini bisa ditemukan di kawasan Gentur dan Cicariang. Bahkan tren produk peci seperti peci Maroko dan peci Bangladesh pun tidak terlepas dari kreativitas para pengrajin peci di dua lokasi ini.

.

.

1758962
Peci Cianjur – inilah.com

 

 

.

 

dekra gentur
lampu gentur – @dekranasda.cianjur

 

Lampu Gentur

Produk kerajinan lain yang juga wajib dibawa pulang dari Cianjur adalah lampu gentur.  Lampu gentur ini merupakan produk kerajinan yang dihasilkan dari Kampung Gentur, Kecamatan Warungkondang.  Lampu Gentur diketahui sudah diproduksi secara turun temurun sejak tahun 1960 silam. Harga lampu unik dengan desain klasik yang berbahan kuningan dan kaca warna-warni ini  berkisar antara Rp 50 ribu sampai puluhan juta rupiah, dan sudah dipasarkan ke berbagai penjuru dunia.

Sangkar Burung

Lain hal dengan daerah kampung Kabandungan, Kecamatan Karangtengah. Di daerah ini, hampir 80 persen masyarakatnya memproduksi kerajinan unggulan berupa sangkar burung. Berbagai jenis ukuran, bentuk hingga pola sangkar burung bisa ditemukan di lokasi ini. Tak tanggung, 4000  sangkar burung bisa dipasarkan ke berbagai daerah di Indonesia dalam sebulan. Harga murah dan kualitas yang tinggi menjadi alasan bagi pecinta burung manapun untuk membungkus sangkar burung Cianjur ini.

.

 

dekra sarang
Sangkar Burung – @dekranasda.cianjur
..

.

pj-kerudung-lukis-390x250
kerudung tulis – pojoksatu.id

Kerudung Lukis

Kreasi dalam produk kerajinan Cianjur pun tidak melulu soal hal klasik dan yang sudah turun temurun. Beberapa tahun terakhir, kerajinan Cianjur bertambah kaya dengan hadirnya kreasi kerudung lukis asal Kecamatan Ciranjang. Meski dikerjakan industri rumahan, kerudung lukis Ciranjang ini sudah mampu bersaing dengan produk serupa. Kerudung lukis ini bahkan sudah dipasarkan ke negara tetangga seperti Malaysia dan Filipina.

Manfaat Mencintai Produk Kerajinan Cianjur

Produk kerajinan yang sudah disebutkan tadi mungkin hanya beberapa produk khas Cianjur yang bisa dijadikan oleh-oleh. Namun demikian tentunya masih banyak produk kerajinan Cianjur lain yang harus terus di dalami dan diperkenalkan ke masyarakat.

Seperti peribahasa “tak kenal maka tak sayang”, dengan mengenal beberapa produk kerajinan Cianjur tentu diharapkan kecintaan terhadap produk lokal Cianjur ini pun akan semakin meningkat.

Apalagi, produk lokal Cianjur secara umum memiliki lebih banyak nilai keunggulan dibanding membeli produk lain apalagi produkbijakcdcsdcdcdcdcdcdcdcdcdcddd Import. Berikut adalah manfaat yang akan didapatkan bila kita mencintai dan selalu menggunakan produk kerajinan lokal terutama Cianjur ini.

Meningkatkan Ekonomi Cianjur

Tingkat kesejahteraan ekonomi masyarakat Cianjur  pastinya akan meningkat apabila selalu mengutamakan membeli produk lokal. Belum lagi, devisa negara pun akan semakin bertambah dengan melakukan ekspor  kerajinan.

 

  Memperluas Lapangan Pekerjaan

Semakin tinggi minat akan produk kerajinan Cianjur, tentunya akan mendorong permintaan lebih banyak konsumen. Dengan demikian, dibutuhkan sumber daya manusia yang lebih banyak pula. Lapangan pekerjaan juga akan bertambah banyak seiring meningkatkanya daya jual.

Kualitas Produk yang Terjamin

Produk kerajinan handmade atau home industri Cianjur sangat terkenal dengan ketelitian dalam pembuatanya. Dengan demikian produk pun dipastikan akan menggunakan bahan yang mampu bersaingan. Selain itu, dengan mencintai dan membeli produk kerajinan lokal, akan memancing produsen untuk terus meningkatkan kualitas agar bisa bersaing.

Lingkungan Lebih Terjaga

Produk kerajinan Cianjur tentunya sangat ramah lingkungan. Apalagi beberapa produk ungulan memang sangat menjunjung kearifan lokal daerah Cianjur. Beberapa bahan baku  produk kerajinan yang memanfaatkan limbah atau bahan bekas pun membuat lingkungan lebih terjaga dan sangat sesuai dengan konsep Reduce, Reuse & Recycle dalam pengurangan sampah dan limbah.

 Menumbuhkan Cinta Tanah Air

Produk kerajinan Cianjur merupakan pengaplikasian berbagai kebudayaan dan nilai-nilai nasionalisme.  Mencintai produk lokal termasuk produk kerajinan Cianjur pun bisa mengurangi ketergantungan kita terhadap produk asing, dengan demikian produk-produk lokal terutama produk kerajinan Cianjur akan semakin berdaulat.

   

Cara Mencintai Produk Kerajinan Cianjur

Setelah mengetahui jenis produk kerajinan dan manfaat dari mencintai produk kerajinan dari Cianjur , kini tinggal mengetahui bagaimana cara untuk mencintai Produk Kerajinan Cianjur.

Salah satu cara termudah untuk mencintai produk kerajinan Cianjur adalah dengan membeli. Sudah seharusnya pilihan terhadap produk lokal dibanding produk asing semakin di tingkatkan. Tapi ini bukan berarti sepenuhnya melarang atau memboikot penggunaan membeli produk asing, tapi alangkah lebih bijaksana mengutamakan membeli produk lokal.

Produk kerajinan tersebut harus pun harus dibanggakan, salah satunya dengan penggunaan sehari-hari.  Kecintaan terhadap produk kerajinan pun bisa dilakukan dengan terus bangga memperkenalkan kepada siapapun, baik melalui media apapun dan kapan pun.

Kecintaan terhadap produk juga bisa dilakukan dengan turut berpartisipasi dalam mengembangkan dan melestarikan produk kerajinan, salah satunya membantu membuat sarana teknologi dan komunikasi yang mampu mempermudah dan meningkatkan produksi dan memudahkan promosi.

Mencintai produk kerajinan Cianjur tentu saja bisa dilakukan mulai dari diri sendiri dan mulai dari saat ini. Jadi sudah menambahkan produk kerajinan apa ke daftar oleh-oleh saat ke Cianjur?

2 thoughts on “Bentuk Kecintaan & Produk Kerajinan

Leave a comment